Breaking News
Loading...
Jumat, 01 Maret 2013

Aplikasi Gratis Android Ternyata Bikin Boros Baterai

15.27
Like This Yoww
Aplikasi Gratis Android - info hangat bagi pemilik smartphone terutama android  atau semacam Asus Slimbook X401U yang lagi melambung tinggi di indonesia terbaru ini tentang dampak aplikasi gratis yang ternyata mempunyai efek pada baterai, Tekno Review Indonesia berhasil mengumpulkan beberapa resume tentang dampak aplikasi gratis smartphone yang ternyata sangat menyedot baterai, dalam hal lain baterai akan cepat habis jika kita sering menggunakan aplikasi gratis baik berupa games, ataupun aplikasi yang laen. hal ini disebabkan karena Munculnya iklan di aplikasi gratisan pada perangkat Android bagi sebagian orang tidak menjadi masalah serius. Namun, bagaimana jika iklan pada aplikasi gratisan itu membuat baterai smartphone atau tablet jadi boros?
Aplikasi Gratis Android


Aplikasi Gratis Android -  dalam penelitian yang dilakukan university di indiana mengungkapkan bahwa banyak aplikasi gratis di Android dan Windows Phone yang membuat baterai cepat habis. Penyebabnya adalah iklan dari pihak ketiga yang muncul saat aplikasi atau game gratis, seperti Angry Birds atau Facebook dimainkan/digunakan. Mereka menggunakan tools khusus untuk mengujinya. Sayangnya, tools ini tidak dapat menguji aplikasi di iPhone karena pembatasan sistem yang dilakukan Apple.

Salah satu aplikasi yang diuji adalah game Angry Birds yang ditawarkan gratis saat memainkan Angry Birds selama seharian, peneliti mencatat bahwa game ini sebenarnya hanya menyedot 20% dari total konsumsi daya. Sisanya (80%) digunakan untuk keperluan iklan, seperti mengakses server dan mencari lokasi pengguna. Bahkan, untuk pencarian lokasi pengguna memakan konsumsi energi sebesar 45%. Pencarian lokasi pengguna ini berguna untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan pengguna.  Chris McClelland, direktur perusahaan pengembang `plikasi Ecliptic Labs, mengaku tidak terkejut dengan temuan itu. "Iklan perlu terhubung ke server dan mengirimkan informasi tentang lokasi pengguna," jelas McClelland kepada BBC.

McClelland mengatakan, praktik tersebut sulit untuk dihindari jika pengguna perangkat Android tetap ingin menikmati aplikasi gratisan. Karena, iklan tersebut menyokong pendapatan pengembang aplikasi.  Ia pun berharap, pengembang aplikasi bisa menciptakan sebuah fitur baru agar perangkat Android lebih irit daya. Salah satu cara mengakali agar baterai perangkat Android tidak cepat habis, pengguna dapat mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS ketika tidak sedang menggunakannya fitur-fitur tersebut. Selain itu, dengan mengurangi tingkat kecerahan layar dan tidak menggunakan wallpaper bergerak, juga mengurangi konsumsi baterai.
Kini setelah anda mengetahui tentang efek aplikasi gratis android yang tidak selamnya menguntungkan bagi kita, siapa tak mau sesuatu yang gratis, tapi tanpa kita sadari ternyata kita sudah tersirih dengan aplikasi gratis, akan tetapi memberikan efek yang kurang baik bagi kondisi smartphone kita terutama pada baterainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer